What Happens to Our Social Media After We Die!1 (Sosial Media Kita Setelah Meninggal)

Pernah ga kita melihat ada akun instagram atau sosial media dari teman kita yang sudah meninggal? Setelah meninggal akun sosial media itu masih ada.

Saya pernah!

Sosial Media Kita Setelah Meninggal

Bagi saya rasanya itu agak campur aduk ya, sekilas mungkin saya merasa itu bisa menjadi pengigat atau kenangan saya dan dia. Tapi ya di sisi lain saya merasa mungkin ada baiknya beberapa postingan atau fotonya yang rasanya tidak elok dilihat oleh orang banyak setelah teman saya itu telah pergi selamanya.

sosial media setelah meninggal

Jika Tidak Punya Passwordnya Lalu Bagaimana?

Hal tersebut juga menjadi concern keluarga dari orang yang telah meninggal. Di Amerika Serikat ada beberapa kasus dimana orang tua dari seorang anak remaja yang telah meninggal ingin menghapus akun sosial media sang anak, karena ada konten-konten yang tidak elok, dan si orang tua khawatir hal tersebut bisa membuat orang lain memiliki prespektif yang negatif terhadap sang anak, namun mengalami kesulitan karena tidak mengetahui password sosial media sang anak.

Tidak hanya sekedar urusan image, malah bagi beberapa orang social media mungkin menjadi tempat menyimpan data berharga bagi dirinya atau pun orang-orang terdekatnya. Misalnya saja akun google drive atau google photo tempat kita menyimpan foto-foto kita dan keluarga.

Lebih dari sekedar data, bahkan social media juga menjadi financial asset bagi beberapa orang. Misalnya youtube yang sudah termonetisasi atau akun instagrambagi seorang influencer atau agency-nya.

Nah, untungnya sekarang beberapa social media memiliki fitur yang dapat membuat kita merencanakan bagaimana akun social media kita setelah kita meninggal nanti. Apakah akan kita hapus? Atau kita wariskan pada orang lain?

Panduan Video

Bagaimana caranya? Beriut caranya yang dijelaskan oleh Panji dari Mentoring.id

Lihat langsung video ini!

 

Write a comment